Kesalahan orang tua dalam mendidik anak

Posted by

Kesalahan orang tua dalam mendidik anak


Ya. Memang banyak ibu2 di sekitar yg menyuapi anaknya sambil jalan2 dg dalih biar cepet abis ato biar mau makan. Kalo ga begitu mereka ga mau makan, mau ga mau kita harus ngikuti kemauan mereka, anak2 kan susah makan!” Itulah alasan mereka, secara tidak langsung kitalah yg mendidik mereka makan diluar sambil jalan, kitalah yg membentuk kebiasaan mereka tidak mau makan jika tidak sambil jalan2. Memang dibutuhkan ketegasan dan konsistensi orang tua untuk mendidik anak sejak dini. ” ah kan masih kecil, kasihan, ntar juga kalo gede ngerti sendiri!” inilah salah satu alasan mereka.

Salah satu faktor intern Yg menyebabkan kegagalan dlm proses pendidikan adalah KESALAHAN ORANG TUA. Apa saja itu :
1.Mencari Aman
Agar anak diem, ga nangis, akhirnya anak dibiarin nonton TV tanpa pengawasan, ato seperti tadi nyuapin anak sambil jalan2 yg penting makannya abis, sesuai adab islam ato ngga… nomer sekian.
2.Mengambil alih tugas anak.
Menurut psikologi perkembangan anak usia dini, usia 1 – 3 thn adalah masa otonomi (kemandirian ) Pada usia ini anak belajar mandiri sehingga diharapkan pada usia 4 thn anak uda mandiri, tidak lagi ditungguin, dimandiin, disuapin, di pakein baju, di kelonin, dll. Jika ini yg terjadi, maka orang tua telah melewatkan masa otonomi dg mengambil alih tugas anak, ketika anak usia 2 – 3 thn mulai belajar makan, buru2 kita suapin dg dalih nanti tumpah2, belepotan, lama.

Ketika anak mulai belajar pake baju, kita ambil alih dg alasan masih suka kebalik, ga bisa cepet. Ketika anak mulai mandi sendiri, kita ambil alih dg alasan ntar ga bersih, jadi mainan air, sabun ditumpahin, lama jadinya. Karena semua tugasnya diambil alih, akibatnya anak jadi tidak mandiri dan tergantung pada orang tua hingga sampe pada usia SD, hal ini akan membuat anak tidak punya inisiatif karena apapun yg dilakukannya selalu Di ambil alih orang tua, anak jadi memgembangkan sikap tidak percaya diri terhadap kemampuaanya. Sehingga ketika orang tua menyuruh dia melakukan sendiri maka dia akan mengatakan tidak bisa ato tidak mau.
3. Terlalu berharap sesuai kemauan orang tua
Kita sering menyalahkan anak dan mengukur kemampuannya seperti orang dewasa, padahal dia masih anak2.
4. Menyerahkan tugasnya kepada orang lain
Karena tidak mau repot akhirnya membiarkan anak dididik oleh pembantu ato pihak lain.
5. Memberi contoh Yg salah.
Ini yg membuat anak meniru perbuatan buruk yg kita lakukan tanpa kita sadari karena kita memberi contoh yg keliru, maka ga heran kadang kemarahan anak2 sama seperti ketika kita sedang marah.
Wallahu a’lam

Dikutip dari azizahfathiyah.wordpress(com)


Blog, Updated at: 08.00

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.